Wednesday, November 22, 2017

Review Album 7 Bidadari NAIF


Hari ini tepat satu bulan sejak Konser 7 Bidadari NAIF yang diadakan tanggal 22 Oktober lalu di Teater Garuda, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Sebuah konser yang tidak saja sebagai momen peluncuran album baru NAIF sejak terakhir mereka mengeluarkan album Planet Cinta tahun 2011 lalu, tapi juga sekaligus sebagai perayaan anNAIFersary mereka yang ke-22. 

Well, saat ini gw gak akan mengulas tentang konser tersebut. Konser yang menurut gw, salah satu konser terbaik NAIF yang pernah gw datangi selama ini. Kali ini gw akan mereview tentang album 7 Bidadari itu sendiri.

Sebulan terakhir ini, hampir setiap hari gw ngedengerin ini album. Ntah itu dari CD player, dari laptop maupun dari handphone gw. Jadi ya bisa dikatakan saat ini gw udah familiar dengan lagu-lagu di album 7 Bidadari ini. Ada beberapa KawaNAIF yang bilang album ke-7 ini nuansanya akan seperti album-album awal mereka. Tapi setelah gw denger, gw gak terlalu sepakat sih dengan pendapat itu. Dalam bayangan gw sebelumnya, setelah mendengar wacana bahwa album ini akan seperti album-album awal mereka, gw ngebayangin akan ada lagu-lagu seperti Puspa Indah, Kencan Pertama, atau Electrified. Tapi setelah gw dengerin lagu-lagu di album itu, menurut gw lebih condong masih ada nuansa album Planet Cinta di situ. Tapi apakah gw kecewa karena album itu tidak sesuai dengan ekspektasi gw? Nah di sini akan gw coba ulas sedikit satu persatu lagu-lagu di album itu menurut versi gw..

1. Alangkah Indahnya Indonesia


Gw inget kayaknya udah beberapa kali pernah denger lagu ini, kapan dan di mana, agak lupa juga gw. Tapi yang gw inget lagu ini pernah dibawain NAIF pas acara anNAIFersary ke-20 mereka di Lucy In The Sky, dua tahun lalu. Gw sih pribadi pengen lagu ini dijadiin salah satu single dari album 7 Bidadari ini, dibuat video-klipnya, dan disebarluaskan ke khalayak ramai. Kenapa? Ya karena lagu ini bercerita tentang keindahan alam Indonesia, hal yang sudah jarang dijadikan tema sebuah lagu dari band/musisi Indonesia belakangan ini.

2. Selama Ada Cinta


Ada sedikit nuansa jazz di lagu ini, pantas saja.. ternyata karena ada salah satu maestro jazz Indonesia turut bermain piano di lagu ini, yaitu mas Indra Lesmana. Gw sempet baca dari artikel-artikel yang keluar beberapa tahun lalu di beberapa situs, lagu ini sempat digadang-gadang menjadi single pertama dari album terbaru NAIF. Tapi apakah saat ini akan seperti itu? Kita lihat saja nanti.. 

3. 7 Bidadari


Lagu ini sempat dibawakan beberapa kali di show-show NAIF setelah konser 7 Bidadari lalu. Kalo gw baca di liputan show mereka di website www.naifband.com, hanya lagu inilah satu-satunya dari album 7 Bidadari yang dibawakan di show-show mereka tadi. Apakah dengan begitu lagu ini menjadi lagu jagoan pertama mereka dari album 7 Bidadari. Terus terang sampai saat ini pun gw juga gak tau, haha.. 

4. Berubah


Gw lupa, waktu konser 7 Bidadari tempo hari, David sempat berujar lagu ini lagu yang paling mellow di album ini. Tapi gw lupa antara lagu ini apa lagu Kenali Dirimu ya yang David bilang waktu itu.. Ah tapi setelah gw denger lagi kedua lagu itu, kayaknya lagu ini deh.. Yah whatever, yang jelas lagu ini cocok didengerin malam hari dalam kegelapan di tengah kesendirian.. Haha..

5. Sedjak



David sempat mengupload lagu ini di akun SoundCloud miliknya beberapa tahun lalu, dan gw sempet dengerin lagu ini saat itu. Dibawakan hanya dengan gitar akustik dan vokal David. Bagaimana setelah lagu ini masuk ke dalam album 7 Bidadari? Satu hal yang mengejutkan, ternyata bang Syarief Hidayat (kami biasa memanggilnya bang Blek), salah satu crew NAIF (Begundal Naif), memainkan gendang di lagu ini. Haha.. sesuatu yang tak pernah terbayangkan oleh kami sebelumnya. Kami pun menjadi saksi mata saat di Konser 7 Bidadari, bang Blek dengan piawai memainkan gendangnya bersama NAIF saat membawakan lagu ini. Salah satu lagu jagoan, menurut gw, di album ini. Gw berharap NAIF membawakan lagu ini di show-show berikutnya, tentu saja dengan bang Blek yang turut memainkan gendangnya, hehe..
Oh iya, lagu ini secara gak sengaja sempet dua kali nyokap gw denger pas gw lagi dengerin via hp pake loudspeaker, dan kayaknya nyokap demen ama ini lagu, kayak ada keroncong-keroncongnya katanya, hehe..

6. Kenali Dirimu



Di Konser 7 Bidadari, lagu ini dibawakan hanya berdua oleh David yang memainkan ukulele, dan Jarwo dengan akustik gitarnya. Kirain gw di albumnya pun seperti itu. Ternyata di versi album, Emil dan Pepeng juga memainkan instrumen mereka sejak pertengahan lagu. Sedikit mengingatkan gw akan lagu Akulah Pasanganmu dari album Retropolis. 

7. Apa Yang Membuat Dirimu Untuk Terus Di Sini


Sebuah lagu ciptaan Emil, baik dari musik maupun lirik. Judul lagunya yang panjang hampir nyamain judul lagu Dia Adalah Pusaka Sejuta Umat Manusia Yang Ada Di Seluruh Dunia, hehe.. Bang Blek kembali dengan piawai memainkan gendangnya di lagu ini. Solo seruling dari Mochamad Saatsyah pun terdengar asik. 

8. Diriku Dirimu


Saat Konser 7 Bidadari lalu, sebelum memainkan lagu ini, David sempat berujar bahwa lagu ini adalah favorit istrinya di album ini. Pepeng pun sempat nyeletuk kalo dia juga favoritin lagu ini. Well, ternyata.. gw pun juga! Haha.. Ya, inilah lagu favorit gw di album ini. Ntah, karena nuansanya ceria dan membawa semangat kali ya.. Cocok untuk didengerin pagi-pagi sebelum memulai aktifitas, hehe.. Ya gw berharap sih lagu ini yang akan dibuat video klipnya (sampai tulisan ini dibuat, belum ada video klip resmi dari NAIF yang berasal dari album 7 Bidadari). Di beberapa show terakhir NAIF ternyata lagu ini dibawakan di atas panggung, menggantikan lagu 7 Bidadari. Oh iya, ditambah beberapa waktu lalu sempet gw liat video dari Mice (kartunis yang dulu dikenal sebagai duo Benny & Mice), memainkan lagu ini gitaran berduet dengan anak perempuannya yang ikutan bernyanyi. Menunjukkan bahwa lagu ini catchy sekali dan sepertinya disukai oleh banyak orang. Semoga NAIF lebih sering lagi membawakan lagu ini di atas panggung, terutama di mana pada saat gw pas lagi nonton aksi panggung mereka, hehe..

9. Indah


Sebuah lagu melayu dari NAIF! Ya, David pun mengatakan hal tersebut sebelum memainkan lagu ini di Konser 7 Bidadari lalu. Sebuah lagu yang mendayu-dayu. Tapi buat gw tetep asik-asik aja. Bahkan menurut gw ini salah satu lagu handal di album ini. Terbukti dari beberapa KawaNAIF gw yg suka sama lagu ini. Oh iya, menurut istri gw, gebukan drum Pepeng terdengar mantab di lagu ini. Gw pun berpendapat demikian, hehe..

10. Sayang Disayang


Sayang Disayang sempat dibawakan secara akustikan santai oleh NAIF pada saat acara buka puasa bersama KawaNAIF di Kantor Yang Naif, tahun 2013 lalu. Lagu yang sepertinya pantas-pantas aja untuk dijadikan single pertama dari album ini, secara sudah familiar didengar oleh beberapa KawaNAIF sebelum album 7 Bidadari diluncurkan. Oh iya, gw demen denger sound dari pedal steel guitar yang dimainkan Amrus Ramadhan di lagu ini, baik di album maupun pas Konser 7 Bidadari lalu..

***

Ya, itulah sedikit review gw lagu per lagu dari album 7 Bidadari. Overall album ini semua terdengar catchy, easy-listening, liriknya gak njelimet. Bicara tentang lirik, gw ngeliat lirik-lirik yang ditulis David terutama di lagu Sedjak dan Diriku Dirimu, secara harfiah memang bisa dikatakan bercerita tentang pasangan, tapi menurut gw sih, yang dimaksud David di kedua lagu itu adalah berkaitan dengan peristiwa dia berjumpa 'cahaya' yang membuat perubahan dalam dirinya beberapa tahun lalu (pengalaman ini bisa dibawa di tweet @davidbayu sekitar tahun 2011-2012 lalu). Mungkin loh ya.. Gw sih berasumsi begitu. Ada makna yang lebih dalam sebenernya. Di beberapa lagu seperti Selama Ada Cinta, Berubah, Kenali Dirimu, banyak kalimat-kalimat positif di situ, yang sepertinya berkaitan juga dengan peristiwa yang David alami seperti yang gw bilang tadi..
Anyway, album ini cocok untuk didengerin di kala santai, sebagai pengantar tidur, sebagai teman di perjalanan malam hari sambil nyetir mobil, hehe.. Semua lagu terdengar sama kualitasnya, tidak ada yang satu lebih menonjol dari yang lainnya, semua sama rata.. 
Sebuah album yang cocok untuk didengarkan oleh semua kalangan, menurut gw.. Mungkin itu yang hendak disasar NAIF lewat album ini. Sebuah album yang ditujukan bagi semua penggemar mereka, baik penggemar lama maupun baru.Ya memang jangan terlalu berharap banyak mereka akan kembali plek sama persis dengan nuansa retro seperti di album-album awal, tapi secara kualitas album ini bagus kok. Gak percuma kami menunggu selama 6 tahun, haha..

So, selamat mendengarkan album 7 Bidadari 😊







No comments:

Post a Comment