Tuesday, December 31, 2019

15 Foto Panggung Terbaik 2019

Di tahun 2019 ini menjadi ajang untuk lebih mengasah skill gw dalam bidang fotografi panggung. Berbagai gigs, pensi dan acara-acara musik lainnya yang gw datengin menghasilkan beberapa foto yang membuat gw sebagai si pengambil gambar mempunyai kepuasan batin tersendiri. Ya paling tidak menurut gw gak jelek-jelek amat lah untuk seorang fotografer panggung amatir seperti gw, haha.. 

Tantangan untuk mengambil foto saat suatu band/musisi sedang perform dari sisi seorang penonton seperti gw cukup membuat otak dan naluri gw bekerja ekstra. Beda halnya di saat gw pure dateng hanya sebagai penikmat musik yang ingin melihat aksi panggung mereka, ketika gw membawa kamera untuk menonton sekaligus mengambil foto dari para band/musisi tersebut gw harus lebih aware akan situasi sekitar. Seperti misalnya saat posisi gw agak jauh dari panggung, bagaimana caranya gw bisa lebih mendekat ke arah panggung tanpa menggangu penonton lain (karena kamera gw masih menggunakan lensa standar, mudah-mudah tahun depan bisa beli lensa zoom yang mumpuni, Aamiin). Lalu waspada terhadap copet yg mengintai barang bawaan seperti tas, dompet, handphone dsb, waspada akan penonton yang melakukan moshing. stage-diving, slam-dancing dsb yang bisa saja sewaktu-waktu menyenggol kamera gw dan bikin rusak (udah sempet terjadi beberapa kali tapi Alhamdulillah kamera gw masih aman sampe sekarang), dsb dsb..

Nah dari keterbatasan-keterbatasan itulah gw mengambil 15 foto yg akan gw muat di sini. 15 foto panggung terbaik yg gw ambil selama 2019 ini, dengan sedikit cerita di balik foto-foto tersebut. Subjektif memang, namun ya inilah pilihan gw. Nah kalau ada temen-temen fotografer panggung profesional yg kebetulan membaca blog ini, mohon masukan dan kritikannya ya.. agar foto-foto gw lebih ciamik lagi ke depannya, hehe.. thx before.

So, ini dia ke-15 foto tersebut :

1. Endah n Resha 
    (Tiba-Tiba Suddenly Rekaman Efek Rumah Kaca; Januari 2019)




Melihat duo Endah n Resha memakai topeng Guy Fawkes saat menjadi konduktor di lagu "Di Udara" milik Efek Rumah Kaca adalah sesuatu yang cool sekali menurut gw. Ntah mungkin takkan lagi terulang mereka manggung memakai topeng tersebut. 

2. The Dance Company
    (Trisakti Connect Festival; Februari 2019)




Melihat aksi panggung The Dance Company sangat menarik. Ada beberapa gimmick yang ditampilkan oleh para personilnya yang dulunya memang mereka tergabung dalam beberapa band berbeda maupun solo karir. Ada satu moment di mana Baim bertukar instrument dengan Nugie. Posisi gw lumayan agak strategis saat itu jadi pas bisa mendapatkan momen ini. 

3. Sex Mengesek
    (Santapop, Maret 2019)




Beberapa personil dari Sex Mengesek sudah lama gw kenal sebelumnya. Band yg waktu itu baru aja mengeluarkan album perdana mendapat kesempatan bermain di Santapop. Beberapa foto sempat gw abadikan saat mereka manggung, namun yg satu ini berbeda, karena waktu itu gw mendapat kesempatan bisa mengambil posisi dari belakang panggung. Suatu posisi yg gak pernah gw dapatkan sebelumnya selama foto panggung karena gw bukanlah fotografer official dari suatu band maupun event yg bisa mempunyai akses tersebut. Jadi kesempatan saat itu gw pergunakan sebaik-baiknya.

4. Danilla
    (The Sounds Project; Maret 2019)



Dari beberapa show Danilla yg sempet gw tonton dan fotoin di tahun ini, yg satu ini lumayan berkesan. Kapan lagi mendapatkan momen Cici Danilla sedang tersenyum manis sambil bermain gitar, ya kan.. :-)


5. Firdda - Voice of Baceprot (VoB)
    (Konser Yang Muda Melawan Lupa; April 2019)


Udah dari lama kepengen motoin neng Firdda, vokalis & gitaris wanita belasan tahun berhijab yg memainkan musik Metal, sungguh sangat menarik perhatian. Saat ada momen di suatu acara di mana VoB turut mengisinya, tentu gak akan gw lewatkan (di luar fakta kemudian bahwa acara itu menjengkelkan bagi sebagian orang). Saat itu kebetulan posisi gak gitu jauh dari panggung, dan bisa mendapatkan momen si neng Firdda disorot stagelight sambil memainkan gitarnya.

6. Fauzan Lubis - Sisitipsi
    (The Sounds Project; Maret 2019)


Salah satu foto tersulit yg sempat gw ambil, karena suasana crowd yg pada saat itu tidak kondusif buat gw untuk ambil foto lama-lama. Jepretan satu ini diambil beberapa saat sebelum gw berhenti untuk ngambil foto karena harus menjaga diri dan istri dari desakan penonton-penonton lain yg jaraknya sangat rapat. 

7. Iwan Fals & Jason Ranti
    (Tiba-Tiba Suddenly Sobat MissKing & MissQueen, Juni 2019)


Bagaimana perasaan lo saat salah satu musisi idola lo sejak SD (ya, gw mengenal lagu-lagu Bang Iwan Fals sejak kelas 6 SD) tiba-tiba suddenly muncul di depan lo, bermain bersama musisi-musisi idola lo saat ini, Jason Ranti dan Danilla. Momen di mana Bang Iwan Fals dan Jason Ranti berada di panggung yang sama di depan mata gw sungguh suatu pengalaman nge-gigs yg gak akan gw lupakan, dan gw bersyukur bisa mendapatkan kesempatan mengabadikan momen-momen tersebut.

8. David Bayu - NAIF
    (Pensi Cravier, Agustus 2019)


Mungkin udah hampir ratusan kali gw menonton NAIF manggung, sampai gw hafal aksi-aksi yg biasa David tampilkan di atas panggung, namun mungkin baru kali ini di Pensi Cravier 2019 gw melihat David mengangkat stand mic nya untuk mengajak penonton berkaraoke bersama menyanyikan lagu "Benci Untuk Mencinta". Segera saja waktu itu gw mengarahkan kamera gw ke arah panggung dan mendapatkan momen ini.

9. GIGI 
    (RCTI Fest - Tribeca Central Park; Agustus 2019)


Jujur saat itu gw pertama kalinya ngeliat aksi panggung GIGI, walau gw udah mengenal band ini sekitar 25 tahun. Saat itu gw terpukau melihat aksi panggung enerjik Armand Maulana. Gw akuin dia salah satu vokalis dengan aksi panggung hebat di negeri ini. Dari beberapa foto yg gw ambil khusus untuk Armand, gw akhirnya memilih foto ini untuk jadi salah satu foto terbaik gw di tahun 2019, di mana ada satu momen saat Armand, Dewa Budjana dan Thomas Ramdhan sedang dalam posisi berdekatan.

10. Jason Ranti
      (Warung Asik 18 Meruya; September 2019)


Kembali gw mendapatkan posisi di mana gw bisa mengambil foto dari belakang si performer. Hasilnya terasa lebih gereget karena posisi penonton dengan Jason Ranti maupun penonton dengan penonton lainnya yg hampir tidak ada batas, ditambah kebetulan tertangkap momen di mana si Sakum, pentolan Gerombolan Woyoo sedang stage-diving.

11. Marshello - The Hydrant
      (Shynchronize Fest; Oktober 2019)


Di hari pertama Synchronize Fest, salah satu performer yg memang gw incar untuk gw ambil foto-foto aksi panggungnya adalah The Hydrant. Termasuk jarang gw menonton band asal Bali ini saat mereka tampil di Jakarta. Terakhir gw melihat aksi mereka mungkin sekitar 10 tahunan yg lalu di Bulungan. Penantian gw gak sia-sia. The Hydrant mampu menghibur pengunjung Synchronize yg melihat aksi mereka sore itu, termasuk istri gw yg baru pertama kali itu melihat performance mereka. Marshello sebagai vokalis tampil sangat enerjik dengan gimmick-gimmick aksi panggungnya. Banyak momen yg sempat gw abadikan dari aksi panggung Marshello sore itu, namun akhirnya gw memilih foto yg satu ini untuk aksi terbaiknya. 

12. Luks (Superglad) ft Eka Annash (The Brandals)
      (Synchronize Fest; Oktober 2019)


Sepertinya ini kali kedua gw melihat Eka Annash menjadi guest-performer di shownya Superglad, setelah beberapa tahun lalu gw sempat melihat aksi mereka saat tampil di Bulungan. Penampilan mereka kali ini di Synchronize menjadi special karena bersamaan dengan terakhir kalinya Dadi, gitaris Superglad, tampil bersama bandnya sebelum pensiun. Ada beberapa foto yg sempat gw ambil saat Luks berduet bersama Dadi, namun gw memilih foto ini mengingat romansa di mana dulu faktanya adalah Eka Annash dan Luks pernah tergabung dalam suatu band bernama Waiting Room sekitar 90-an akhir sampai 2000-an awal.

13. The Dissland
      (Synchronize Fest; Oktober 2019)


Salah satu hal menarik dari Synchronize Fest adalah kita bisa melihat aksi panggung dari band-band yg belum pernah kita lihat sebelumnya. Nama The Dissland sendiri gw udah mengetahui cukup lama, namun baru saat di Synchronize 2019 kemarinlah gw bisa secara langsung melihat aksi mereka. Ada beberapa foto yg sempat gw tangkap, namun gw pilih yg ini di mana ada salah seorang penonton yg ikut bernyanyi bersama bassist mereka di atas panggung.

14. Eka Annash - Zigi Zaga
      (Synchronize Fest; Oktober 2019)


Masih dari Synchronize Fest 2019. Selalu antusias melihat aksi panggung Eka Annash baik bersama The Brandals maupun bersama band barunya, Zigi Zaga. Seperti yg gw sempat abadikan berikut ini, aksi di mana Eka melakukan stage-diving ke arah kerumunan penonton adalah hal yg sering gw lihat saat beberapa kali menonton aksi panggung The Brandals maupun Zigi Zaga. 

15. Vincent Rompies
      (Synchronize Fest; Oktober 2019)


Perlu kejelian dan keberuntungan untuk bisa mendapatkan foto seperti ini. Gw ingat saat itu ada seorang fotografer yg memanggil Vincent untuk difoto, Vincent, yg pada saat itu tampil menjadi bassist Sir Dandy, menoleh dan tetiba mengacungkan jari tengahnya. Gw yg saat itu sedang tidak dalam posisi hendak mengambil gambar buru-buru mengokang kamera gw untuk mendapatkan momen ini. Untungnya masih dapat karena beberapa detik kemudian Vincent sudah berganti gaya. Set panggung yg berbentuk bundar melingkar membuat gw bebas bergerak ke berbagai arah. Di depan Sir Dandy gw sempat, begitu juga di belakang Firman, sang Drummer. Hingga di posisi samping Vincent ini. Beberapa foto sempat gw ambil namun tentunya gw memilih foto ini sebagai salah satu foto terbaik gw di Synchronize 2019, maupun di sepanjang tahun 2019 secara keseluruhan.





No comments:

Post a Comment